» » » Sex in Marriage

Saat ini seks menjadi perhatian utama dari para pasangan-pasangan. Bahkan hampir semua film-film saat ini selalu menampilkan hubungan seks para aktor pria dan wanita. Ketika mereka merasa saling mencintai maka mereka melakukan hubungan seks.
Buku The Mirrages of Marriage melukiskan beberapa kesalahpahaman akan seksual manusia walaupun saat ini jaman telah lebih terbuka akan seksualitas daripada abad-abad sebelumnya.
Saat ini banyak orang yang mengajukan silly questions, misalnya: harus berapa kali kami melakukan hubungan seks? Posisi apakah yang terbaik? Sampai seberapa jauh tingkat intensitas yang seharusnya? Apakah kami harus saling mencakar dan mengigit? Kapan waktu melakukannya? 1
Seks begitu diagungkan sehingga seolah-olah manusia tidak dapat hidup tanpa seks dan manusia dianggap tidak dapat hidup sehat dan normal tanpa hubungan seks. Hal ini jelas tidak benar karena banyak bukti yang menunjukkan bahwa hal ini salah. Misalnya para pastur dan suster tidak mengalami hal tersebut. Mereka tetap hidup sehat walaupun tidak melakukan hubungan seksual.2
Selain itu ada pula pandangan lain yang ekstrim yaitu seks dianggap rendah dan jelek. Seks dianggap dosa karena itu perlu dihindari. Bagi para penganut pandangan ini hidup tanpa seks dan tidak menikah berarti mereka makin suci. Tujuan seks hanya untuk melangsungkan keturunan dan dalam aspek inilah seks dapat ditolerir. Seks
___________
1 William J. Lederer dan Don D. Jackson. The Mirages of Marriage. (New York : W.W. Norton & Company, 1968), 118.
2 William J. Lederer dan Don D. Jackson, 118. 1
______________
adalah sesuatu yang tidak baik tetapi karena perlu untuk menyambung keturunan maka harus dilakukan dan bukan untuk dinikmati.3
Karena begitu banyaknya kesalahpahaman yang terjadi maka gereja perlu mengajarkan tentang seksualitas khususnya kepada para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan maupun pada pasangan yang sudah menikah. Dengan mengembalikan seksualitas kembali kepada tujuan semula yang diciptakan Tuhan maka kita dapat memandang seks sesuai kacamata Allah.
Karena cakupan materi ini sangat luas maka penulis membatasi ruang lingkup pembahasan hanya pada aspek-aspek tertentu, yaitu :
1. Apakah seks itu kotor, tabu, dan berdosa?
2. Fungsi seks dalam pernikahan.
3. Dampak seks terhadap kesehatan.
4. Perbedaan seksualitas Pria dan Wanita.
5. Sex in Honeymoon.
6. How much sex?
7. Pentingnya Monogami
Benarkah seks itu kotor?
Pandangan yang mengatakan seks itu kotor mungkin disebabkan karena ada begitu banyak ayat-ayat di Alkitab yang mengajarkan mengenai dosa-dosa seksual. Dari ayat-ayat ini kemudian ditarik kesimpulan bahwa seks itu berdosa dan kotor karena itu harus dihindari kecuali untuk prokreasi. Namun benarkah hal tersebut?
Ada begitu banyak ayat di dalam Alkitab yang mengajarkan bahwa seks di dalam pernikahan adalah sesuatu yang baik dan berkenan di hadapan Allah, misalnya :
________________
3 Jonathan A. Trisna. Pernikahan Kristen (Bandung : Kalam Hidup, 1994), 89.
________________
1. Kitab Amsal melarang seorang laki-laki menaruh minat pada seorang pelacur, namun sebaliknya menantang seorang suami untuk “bersukacita dengan istri masa mudamu”. Bagaimana caranya? Dengan cara membiarkan “buah dadanya selalu memuaskan engkau, dan engkau senantiasa berahi karena cintanya” (Amsal 5:18,19). Dari ayat ini jelas bahwa pengalaman persetubuhan yang penuh gairah seharusnya membuat seorang laki-laki bersukacita karena hal itu memberikan kenikmatan yang luar biasa kepadanya. Konteks dari ayat-ayat tersebut menekankan tentang suatu pengalaman yang dimaksudkan untuk dinikmati bersama. Bagian Alkitab ini juga menunjukkan bahwa persetubuhan seperti itu tidak dirancang untuk menghasilkan keturunan belaka, melainkan juga untuk kesenangan kedua belah pihak semata-mata. 4
2. Kejadian 26:6-11. Ishak yang terpilih sebagai salah satu “Tokoh Iman” Allah di dalam Ibrani 11 terlihat oleh Raja Abimelekh sedang “bercumbu-cumbu dengan” istrinya. Kita tidak diberitahu sampai seberapa jauh ia melakukannya tetapi rupanya cukup intim sehingga raja itu menyimpulkan bahwa Ribka adalah istrinya, bukan saudaranya. Kenyataan bahwa orang lain memergokinya melakukan hal tersebut menunjukkan bahwa “bercumbu-cumbuan” merupakan suatu aktivitas yang boleh dan umum dilakukan oleh pasangan-pasangan suami istri pada masa itu.5
3. Wawasan lebih lanjut tentang persetujuan Allah atas persetubuhan dalam perkawinan tampak dalam perintah-perintah dan peraturan-peraturan yang diberikan Allah kepada Musa bagi umat Israel. Allah menginstruksikan agar
_______________
4 Tim dan Beverly LaHaye. Kehidupan Seks Dalam Pernikahan (Bandung : Kalam Hidup, 2002), 17.
5 Tim dan Beverly LaHaye, 18. 3
___________________________________
seorang laki-laki dibebaskan dari kewajiban militer dan tanggung jawab bisnisnya selama satu tahun setelah pernikahannya (Ulangan 24:5) supaya kedua orang ini dapat belajar mengenal satu sama lain pada saat dorongan seks mereka sedang kuat sekali serta dalam keadaan di mana mereka memiliki banyak kesempatan untuk bereksperimen dan menikmati persetubuhan mereka.
4. I Korintus 7:2-5. Bagian Alkitab ini menggambarkan empat prinsip pokok yang diajarkan di dalam Akitab mengenai persetubuhan:6
a. Baik suami maupun istri mempunyai kebutuhan dan dorongan seksual yang harus dipenuhi di dalam perkawinan.
b. Pada saat seseorang menikah, ia menyerahkan kuasa atas tubuhnya kepada pasangannya.
c. Kedua belah pihak tidak boleh menolak untuk memenuhi kebutuhan seksual pasangannya.
d. Persetubuhan dalam perkawinan diperkenan Allah.
Selain dukungan ayat-ayat di atas kita juga menemukan bahwa ternyata Tuhan menciptakan organ tubuh yang sepenuhnya bertujuan untuk mendapatkan kenikmatan di dalam persetubuhan yaitu kelentit (clitoris). Klentit mengandung ujung-ujung syaraf yang sama banyaknya dengan ujung-ujung syaraf yang terdapat pada zakar, namun besarnya hanya sepersepuluh dari besar zakar. Kebanyakan ahli riset sependapat bahwa kelentit hanya mempunyai satu fungsi yaitu perangsangan seksual. Ditinjau dari segi praktisnya kelentit tidak mempunyai kaitan apa pun dengan reproduksi dan tidak diperlukan dalam fungsi kewanitaan yang lain. Jadi cukup aman
6 Tim dan Beverly LaHaye, 19-20. 4
untuk membuat kesimpulan bahwa Allah merancang kelentit untuk digunakan dalam persetubuhan.7
Dari ayat-ayat Alkitab yang mendukung persetubuhan dan dari fungsi organ seks wanita maka kita dapat menyimpulkan bahwa seks itu bukan sesuatu yang kotor dan berdosa selama dilakukan di dalam pernikahan. Melalui eksegese ayat-ayat yang berhubungan dengan dosa seksual maka kita akan menemukan bahwa dosa-dosa seksual itu semuanya berhubungan dengan tindakan seksual yang terjadi di luar pernikahan namun tidak ada ayat yang menyatakan bahwa tindakan seksual/persetubuhan di dalam pernikahan dilarang oleh Tuhan.
Lalu kalau Tuhan memang sengaja mengijinkan tindakan persetubuhan di dalam pernikahan, apa fungsinya?
Fungsi seks dalam pernikahan
Ada beberapa fungsi penting seks dalam pernikahan. Di bawah ini disebutkan fungsi-fungsi tersebut, yaitu:8
1. Komunikasi kasih. Seks dapat berfungsi sebagai alat komunikasi. Dalam komunikasi yang baik dan positif melalui seks, seseorang dapat menyatakan, “Aku cinta padamu, aku membutuhkan engkau, aku suka padamu, aku menerimamu sepenuhnya. Aku suka menyatakan diri kepadamu dan bersukacita menerima pernyataan dirimu.”
2. Identitas. Seks menguatkan identitas diri, kelaki-lakian dan kewanitaan pasangan diteguhkan dalam seks yang menyebabkan pandangan diri yang sehat.
_______________________
7 Tim dan Beverly LaHaye, 85-86.
8 Jonathan A. Trisna, 92-94. 5
______________________________________________
3. Kesatuan. Kesatuan tubuh dalam hubungan seks yang baik dan positif bukan saja merupakan persatuan secara jasmani tetapi juga merupakan kesatuan dua pribadi.
4. Prokreasi. Sejak semula Allah mendesain seks untuk mendapatkan keturunan.
5. Rekreasi. Seks juga diciptakan untuk dinikmati dan rekreasi. Banyak ketegangan fisik dan emosi dapat tersalurkan melalui seks. Secara fisik dan kejiwaan, seks yang baik dan positif menyehatkan. Penjelasan tentang dampak seks terhadap kesehatan dapat dilihat pada bagian Dampak Seks Terhadap Kesehatan.
6. Pencegahan. Kepuasan seks dalam pernikahan mencegah ketidaksusilaan. Hal ini berarti kepuasan harus diberikan secara bebas dan tidak disalahgunakan sebagai senjata atau penghukuman. Dalam hal ini Paulus menulis “.. tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri … Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin. Sebab lebih baik kawin daripada hangus karena hawa nafsu” (I Kor. 7:2,9). 6
Selain itu fungsi di atas, kadang kala suami/istri menyalahgunakan seks untuk kepentingannya9, seperti:
1. Menghukum. Kalau pasangan tidak memenuhi kehendak/kemauannya, ia menghukumnya dengan menahan seks pada waktu pasangannya membutuhkannya.
2. Menyebabkan rasa bersalah. Menggunakan seks sebagai pentungan untuk merendahkan pasangannya atau menyebabkan rasa bersalah kepada pasangan yang mendesaknya karena kebutuhan seksnya.
3. Mendominasi. Di sini seks digunakan sebagai senjata untuk menang atau mengungguli pasangannya. Pasangan itu harus mengemis terlebih dahulu baru kemudian diberikan seks.
4. Mengupahi. Kalau pada siang hari, suami membelikan sesuatu bagi istrinya, malamnya mereka mengadakan hubungan seks yang mengebu-gebu. Sebelum suaminya tertidur, sang istri berbisik, “Terima kasih untuk mesin cucinya”.
5. Dendam. Seseorang menggunakan bermacam-macam dalih seperti pusing, lelah, sakit, dan lain-lain untuk menghindari persetubuhan. Hal ini dimaksudkan untuk menghukum perbuatan pasangannya akhir-akhir ini. Pasangan itu akan merasa frustasi atas penolakan-penolakan tersebut dan harus menebak apa kesalahannya. Akhirnya setelah dendam terpuaskan, ia memberitahu kesalahannya dan pasangan harus minta ampun dahulu sebelum diberi seks.
Tentu orang percaya didorong untuk melakukan fungsi positif bukannya fungsi negatif. Penyalahgunaan seks dilarang dalam I Korintus 7:3-5.
9 Jonathan A. Trisna, 91-92. 7
Dampak Seks Terhadap Kesehatan
Ada banyak bukti yang menyatakan bahwa seks itu baik bagi kesehatan10, misalnya :
1. Penelitian menyatakan bahwa hubungan seks tiga kali dalam seminggu akan membutuhkan 35,000 Kilojoule yang berarti sama dengan lari 130 kilometer dalam setahun. Seks akan meningkatkan kadar testosterone yang akan memperkuat tulang dan otot dan menyediakan kolesterol yang baik bagi tubuh.
2. Dr. Beverley Whipple mengatakan, “Endorphins, yang merupakan pain killer alamiah, dilepaskan selama hubungan seksual dan berguna untuk meredakan sakit kepala, whiplash, dan arthritis.
3. Hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) juga dilepaskan selama orgasme dan meningkatkan kesadaran, membangun sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan tumor dan memperkuat tulang.
4. Pada wanita, hormon oxytocin yang membangkitkan gairah untuk diraba, dilepaskan dalam jumlah yang besar selama hubungan seks dan tingkat oestrogen juga meningkat. Dr. Harold Bloomfield, dalam bukunya The Power of Five menunjukkan bahwa oestrogen berhubungan dengan tulang yang kuat dan sistem cardiovascular yang baik pada wanita. Efek dari semua hormon ini akan melindungi jantung dan memperpanjang usia, jadi lebih banyak seks sama dengan hidup yang lebih lama dan stress yang berkurang.
Karena kita percaya Allah mengijinkan hubungan seksual di dalam pernikahan maka tidak heran jika ternyata hubungan seksual ternyata mempunyai dampak yang positif
______________________
10 Allan dan Barbara Pease. Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Maps (London : Orion Books, 2001), 220. 8
_____________________________
terhadap kesehatan. Sebaliknya kita menemukan bahwa banyak hal yang Allah tidak ingin manusia lakukan dan hal itu jelas berdampak negatif terhadap kesehatan, misalnya merokok, bermabuk-mabukan sehingga merusak lever, dsb.
Perbedaan Seksualitas Pria dan Wanita
Perbedaan fisik antara pria dan wanita berdampak pada kesenangan dan petulangan sex, tetapi di sisi yang lain perbedaan ini menyebabkan kesukaran. Untuk menjembatani hal ini dibutuhkan komunikasi yang kolaboratif antar pasangan.11 Karena itu sangat penting bagi pasangan untuk mengerti perbedaan seksualitas antara pria dan wanita. Keluhan baik dari pria dan wanita akan berkurang kalau mereka mengerti perbedaan seksualitas mereka.
Perbedaan Fisik
Pusat sex manusia berlokasi di hypothalamus dimana bagian otak ini mengontrol emosi, detak jantung dan tekanan darah. Besarnya seukuran buah cherry dan beratnya sekitar 4,5 gram dan ukuran hypothalamus pria lebih besar daripada wanita. Area inilah yang membangkitkan keinginan untuk bersetubuh. Karena pria mempunyai 10 sampai 20 kali lebih banyak testosterone daripada wanita dan mempunyai ukuran hypothalamus yang lebih besar maka tidak mengherankan bahwa keinginan seksual pria begitu besar. Hal ini menjadi alasan kenapa pria dapat melakukan hubungan seks di mana saja dan kapan saja. 12 Sebaliknya karena hypothalamus wanita lebih kecil daripada pria dan kadar testosteronenya lebih kecil maka wanita memiliki dorongan seks yang lebih kecil dari pria dan lebih kurang agresif dibanding pria.13
_______________________________________________
11 William J. Lederer dan Don D. Jackson, 117.
12 Allan dan Barbara Pease, 211.
13 Allan dan Barbara Pease, 212-213. 9
__________________________________________________
Kalau wanita mengerti perbedaan fisik yang diciptakan Tuhan ini maka mereka akan menyadari bahwa pasangannya bukan orang yang maniak seks tetapi karena merupakan nature yang Tuhan berikan bagi pria dan tentunya diharapkan wanita dapat memahami kenapa dorongan seksual pria lebih besar dan kenapa mereka lebih sering mengajak persetubuhan.
Perbedaan Arti Persetubuhan Bagi Pria dan Wanita
Arti persetubuhan bagi seorang pria14 :
1. Persetubuhan memuaskan dorongan seksnya.
2. Persetubuhan membuatnya sungguh-sungguh merasa bahwa ia adalah seorang laki-laki sejati. Bagi pria, ketidaksuksesannya di tempat tidur menandakan kegagalannya dalam hidup.
3. Persetubuhan membuatnya lebih mengasihi istrinya.
4. Persetubuhan mengurangi friksi di dalam rumah tangga.
5. Persetubuhan memberikan pengalaman hidup yang paling menyenangkan kepadanya.
Arti persetubuhan bagi seorang wanita15 :
1. Persetubuhan membuatnya sungguh-sungguh merasa bahwa ia adalah seorang wanita.
2. Persetubuhan memberi kepastian kepadanya bahwa suaminya mengasihinya.
3. Persetubuhan memuaskan dorongan seksnya.
4. Persetubuhan membuat sistem sarafnya rileks.
14 Tim dan Beverly LaHaye, 23-34.
15 Tim dan Beverly LaHaye, 39-49. 10
5. Persetubuhan merupakan pengalaman yang paling indah yang dapat dialami oleh seorang wanita.
Dari kelima perbedaan ini dapat disimpulkan bahwa persetubuhan mempunyai perbedaan dan persamaan. Dari sisi persamaan seperti persetubuhan memuaskan dorongan seks ternyata bagi pria menempati urutan pertama sedangkan bagi wanita urutan ketiga. Jadi sebenarnya ada perbedaan prioritas seksualitas bagi pria dan wanita.
Perbedaan Kebutuhan Seksualitas Pria dan Wanita
Gary & Barbara Rosberg membagi lima kebutuhan teratas pria dan wanita sebagai berikut16:
Pria
Wanita
1. Kasih & penerimaan tanpa syarat
1. Kasih & penerimaan tanpa syarat
2. Keintiman seksual
2. Keintiman emosional & komunikasi
3. Persahabatan
3. Keintiman rohani
4. Dorongan dan peneguhan
4. Dorongan dan peneguhan
5. Keintiman rohani
5. Persahabatan
Ada perbedaan keintiman bagi pria dan wanita. Bagi seorang pria keintiman berhubungan dengan seks sedangkan bagi wanita keintiman berhubungan dengan bercakap-cakap17. Karena perbedaan ini maka pria yang ingin memiliki keintiman dengan istrinya meminta hubungan seksual. Hal ini harus dipahami oleh istri bahwa suaminya mau lebih dekat dan lebih intim dan jangan ditafsirkan bahwa suaminya mau memperalat dirinya sebagai objek kepuasan seksual.
Pria juga mendambakan kasih sayang seperti wanita, tetapi sebelum pria membuka hatinya dan menerima kasih sayang pasangannya, pria membutuhkan bangkitnya
16 Gary & Barbara Rosberg. Lima Kebutuhan Pria Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Wanita. (Jakarta: Indo Gracia, 2001), xxxi
17 Gary & Barbara Rosberg. Lima Kebutuhan Wanita Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pria. (Jakarta: Indo Gracia, 2001), 36. 11
nafsu seks sebagai prasyarat. Wanita membutuhkan kasih sayang untuk membuka dirinya bagi seks sedangkan pria membutuhkan seks untuk membuka dirinya bagi kasih sayang. Jadi dalam kebutuhan seksual, wanita perlu dipuaskan secara emosional sebelum ia mendambakan hubungan seks, sedangkan pria mendapatkan sebagian besar kepuasan emosionalnya selama melakukan hubungan seks.18
Perbedaan Dorongan Seksual
Dorongan seksual pria berhubungan dengan daya penglihatannya. Pria akan terangsang secara visual (misalnya melihat tubuh istrinya yang telanjang) sedangkan dorongan seks wanita berhubungan dengan hatinya, ia akan terangsang hanya setelah ia merasakan kedekatan dan keselarasan emosional. Istri akan merasa seperti mesin jika ia tidak mengalami keintiman seksual yang mengalir dari keintiman emosional.19
Gairah seks pria terbentuk dengan cepat dan kemudian dilepaskan dengan cepat setelah orgasme. Pada wanita, kenikmatan seks dibentuk jauh lebih lambat dan tetap bertahan lama setelah orgasme. Bagi wanita bangkitnya nafsu seks terjadi perlahan-lahan jauh sebelum nafsu itu menjadi hasrat yang bersifat jasmaniah untuk melakukan hubungan seks. Sebelum merindukan rangsangan seksual, wanita pertama-tama perlu merasakan kehangatan, kegairahan, dan menjadi tertarik. Ia merasa tertarik pada seorang pria dan menikmati kedekatan dengan sang pria. Hal itu bisa berlangsung berhari-hari sebelum ia menginginkan hubungan seks. Ketika seorang pria menjadi berahi, hal itu langsung bersifat seksual. Menunggu berhari-hari sebelum nafsu birahi itu disalurkan membutuhkan pengekangan yang luar biasa bagi pria. Ketika seorang pria
_____________________
18 John Gray, 21-22
19 Gary & Barbara Rosberg. Lima Kebutuhan Wanita Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pria, 36-37. 12
_______________________
kembali dari suatu perjalanan, ia mungkin ingin melakukan hubungan seks dengan segera, sementara sang istri memerlukan waktu untuk melepas rindu dan berbincang-bincang dulu. Tanpa saling pengertian tentang perbedaan ini, pria akan mudah merasa ditolak atau sang istri merasa hanya dimanfaatkan sebagai pemuas nafsu.20
Karena perbedaan dorongan seksual ini maka pria harus mempersiapkan hati wanita. Pria harus lebih bersabar menahan gejolak dorongan seksualnya sampai wanita merasakan kedekatan emosional yang dibutuhkan. Sangat penting bagi pria untuk mendengarkan wanita dan mempelajari teknik-teknik foreplay untuk mempersiapkan wanita dan sebaiknya hal ini dilakukan dalam honey moon, yaitu ketika gairah seksual pria dan wanita sedang dalam keadaan yang tinggi.
Sex in Honeymoon
Pada jaman modern ini pasangan sangat diharapkan mencapai kepuasaan seksual yang mutual selama honey moon. Mereka mendapat tekanan untuk memiliki “kesenangan” selama bulan madu mereka namun yang sering terjadi justru sebaliknya. Bulan madu yang diharapkan sangat menyenangkan tetapi biasanya menimbulkan kebingungan bahkan hal ini berlaku juga pada pasangan yang memiliki hubungan seksual sebelumnya. Situasi dimana pengantin wanita menangis selama bulan madu sangat umum terjadi. Seks, seperti hal yang lain, perlu dipelajari.21
Penulis berpendapat bahwa kepuasan seksual di malam pertama sangat kecil kemungkinannya terjadi apalagi jika istri dalam keadaan masih perawan. Istri akan
__________________________
20 John Gray, 20-21.
21 William J. Lederer dan Don D. Jackson, 120
______________________________________
mengalami kesakitan ketika selaput daranya ditembus, karena itu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan22 :
1. Belajarlah sebanyak mungkin sebelum malam pengantin. Pembacaan buku-buku seks tidak boleh dilakukan bersama-sama sampai setelah pernikahan. Pria dan wanita membaca secara terpisah dan kemudian mempelajarinya bersama-sama dalam bulan madu mereka.
2. Jarang sekali ada pengantin wanita yang bisa menghasilkan pelumas vagina alamiah dalam jumlah yang cukup banyak dalam bulan madu untuk mencegah timbulnya rasa sakit pada waktu ia bercinta dengan suaminya. Kemungkinan ini dapat diatasi dengan membeli satu tube jeli pelumas (K&Y Lubricating Jelly) di Apotik.
3. Melatih program latihan vagina yang dirancang oleh Dr. Arnold Kegel. Semua calon pengantin wanita patut mengenal otot-otot yang digunakan dan harus mempraktekkan latihan-latihan Dr. Kegel beberapa minggu sebelum hari pernikahannya. Progam ini akan memperbesar potensi perasaan seksualnya pada saat ia bersetubuh dan memperlengkapinya dengan suatu cara untuk memuaskan suaminya dengan kenikmatan yang jauh melampaui impian yang diidam-idamkannya. Latihan ini juga membantu mereka untuk belajar mencapai orgasme secara bersama-sama.
4. Untuk mencegah rasa sakit yang mungkin timbul maka pelajari buku Tim dan Beverly LaHaye halaman 62-65 yaitu tentang bagaimana memperbesar lubang vagina, mengatasi pendarahan, dan mengatasi memar “cystitis bulan madu”.
22 Tim dan Beverly LaHaye, 70-71. 14
Di dalam bulan madu, pria harus belajar menahan gairah seksualnya dan mempelajari bagian-bagian tubuh wanita yang peka terhadap rangsangan. Hal ini sangat penting dilakukan agar mereka dapat belajar bagaimana mencapai orgasmus secara bersama-sama. Hal ini juga menunjukkan bahwa sang suami mengasihi istrinya dan mau menunggu hingga sang istri siap untuk melakukan persetubuhan. Mengenai teknik berhubungan, rangsangan, foreplay, dan hal yang lain dapat dipelajari melalui buku-buku yang terlampir di dalam daftar pustaka.

How Much Sex ?
Ini adalah salah satu silly question yang ditanyakan. Kadang kala orang bertanya, “Dalam hubungan yang sehat berapa banyak kami harus melakukan hubungan seks?” Hal ini sangat wajar ditanyakan karena pria lebih sering menginginkan hubungan seksual sedangkan wanita lebih jarang. Karena perbedaan itu mereka mau berkompromi dan bertanya mengenai standar frekuensi hubungan yang wajar.
Survei kepada para pasangan di Australia pada tahun 2000 memberikan berapa rata-rata hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan. Hasilnya sebagai berikut23:

Umur Frekuensi Hubungan Seks
20an 148 kali setahun
30an 110 kali setahun
40an 78 kali setahun
50an 61 kali setahun
60an 61 kali setahun
Dari hasil survei ini kita dapat melihat bahwa pada usia muda maka pasangan akan lebih sering melakukan hubungan seksual. Jadi secara umum maka dengan meningkatnya usia maka frekuensi hubungan seksual akan makin menurun.
___________________
23 Allan dan Barbara Pease, 218. 15
_______________________________
Selain itu survei yang dilakukan di Universitas Ohio mengatakan bahwa pasangan yang puas dengan hubungan seksualnya melakukan hubungan seks sebanyak 2 kali seminggu, sedangkan pasangan yang merasa tidak puas juga melaporkan bahwa mereka melakukan hubungan sebanyak 2 kali seminggu. Jadi sebenarnya tidak ada resep yang tepat tentang berapa kali hubungan seksual yang sehat harus dilakukan. Perbedaan antara pasangan yang puas dengan yang tidak puas bukan terletak pada berapa sering mereka melakukan hubungan seks tetapi pada komunikasi mereka.24

Pentingnya Monogami
Walaupun kekristenan melarang poligami namun banyak orang Kristen yang ternyata memiliki WIL (Wanita Idaman Lain). Hal ini sebenarnya mirip dengan poligami, hanya bedanya tidak ada pernikahan kedua, ketiga, dan seterusnya. Alkitab dengan jelas melarang perzinahan namun manusia seringkali tergoda dan masuk ke dalam dosa tersebut. Karena itu penulis merasa perlu menegaskan pentingnya monogami sebagai suatu pemicu agar pria tetap setia dengan kekasih yang Tuhan telah sediakan.
Banyak pria tidak menyadari mengapa monogami sedemikian penting. Kaum pria secara instingtif tidak memahami monogami menjamin bahwa seorang isteri merasa dirinya tetap istimewa dan dicintai. Jika seorang istri tidak merasa dicintai dengan cara ini, ia tidak dapat terus-menerus terbuka terhadap suaminya. Kepercayaan sangat penting bagi seorang istri untuk tetap bergairah terhadap suaminya.25
Memang mudah bagi pria untuk tergiur pada wanita yang cantik dan seksi, namun tidak secara otomatis ia lantas mempertahankan ketertarikan tersebut. Tidak cukup
______________________________
24 William J. Lederer dan Don D. Jackson, 116-117.
25 John Gray, 197. 16
___________________
bagi pria hanya mencintai wanita secara sepihak. Baginya perlu juga sang wanita tertarik pula padanya dan terbuka padanya. Pria perlu merasakan bahwa ia mampu membuat wanita pasangannya bahagia.26
Setiap kali pria tergoda oleh kemungkinan untuk melakukan hubungan seks dengan wanita lain dan mempertahankan komitmen monogaminya, ia menciptakan rasa aman bagi istrinya untuk lebih menikmati seks. Dengan tidak mengumbar fantasinya ke wanita lain, ia belajar mengendalikan energi seksualnya, sehingga dapat memperlambat dan memperlama proses penyaluran gairah seks demi istrinya. Tentu berbagai pikiran dan khayalan melintas di benaknya tetapi sepanjang hal itu kembali kepada kesadaran akan istrinya, nafsu seks dan pengendalian dirinya akan terus berkembang.27
Ada rahasia besar yang membuat seks itu benar-benar istimewa yaitu cinta dan kasih sayang. Semakin pria mengenal pasangannya dan terus bertumbuh dalam kemesraan dan cinta, semakin banyak peluang maju bagi pengalaman seksual pria.28
Karena itu penting bagi pria untuk melakukan monogami karena monogami akan mengutungkan bagi dirinya dan istrinya, selain tidak melanggar perintah Tuhan.

Kesimpulan
Seksualitas manusia adalah bagian dari penciptaan yang dirancang Allah bagi kesukaan pria dan wanita selain untuk menyambung keturunan. Namun untuk mencapai sukacita dalam hubungan seksual maka ada banyak hal yang perlu dimengerti oleh pria dan wanita mengenai seksualitas pasangannya. Dengan disiplin diri dan komitmen untuk selalu berusaha membahagiakan pasangan maka hal ini
___________________
26 John Gray, 198.
27 John Gray, 201-202.
28 John Gray, 27. 17
_______________________________
menjamin bahwa mereka akan mencapai kepuasan dalam hubungan seksual mereka. Namun selain itu para pasangan dituntut untuk mau belajar perbedaan seksualitas mereka dengan pasangannya dan mengeksplorasi cara-cara baru yang kreatif guna membahagiakan pasangannya. Dan hal yang terpenting untuk menikmati hubungan seksual semaksimal mungkin adalah dengan melakukannya di dalam pernikahan yang monogami.

Daftar Pustaka
LaHaye, Tim dan Beverly. Kehidupan Seks Dalam Pernikahan . Bandung : Kalam Hidup, 2002.
Lederer, William J. dan Don D. Jackson. The Mirages of Marriage. New York : W.W. Norton & Company, 1968.
Pease, Allan dan Barbara. Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Maps. London : Orion Books, 2001.
Rosberg, Gary & Barbara. Lima Kebutuhan Wanita Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pria. Jakarta: Indo Gracia, 2001.
_____________________ Lima Kebutuhan Pria Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Wanita. Jakarta: Indo Gracia, 2001.
Trisna, Jonathan A. Pernikahan Kristen .Bandung : Kalam Hidup, 1994.
18

By : Ali Salim

About Nasrulloh

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Pembaca bijak komentar di sini: